CARA MENGUSIR NYAMUK

CARA MENGUSIR NYAMUK

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang bisa menyebabkan berbagai penyakit melalui gigitannya. Serangga ini biasanya menyukai tempat yang lembab yang kurang terkena paparan sinar matahari. Selain dapat menyebabkan beberapa penyakit, kehadiran nyamuk juga akan membuat rumah tidak nyaman. Bahkan beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk dapat berisiko terjadinya kematian. Sehingga sangat penting untuk kita bertindak untuk mengusir nyamuk-nyamuk tersebut. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir nyamuk, mulai dari menggunakan obat anti nyamuk bahkan sampai bahan alami. 

Selain menggunakan obat nyamuk, ada beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk. Dengan begitu rumah akan terbebas dari nyamuk dan akan menjadi lebih nyaman. adapun beberapa bahan alami tersebut diantaranya:

  • Menggunakan minyak kayu manis

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengusir nyamuk yaitu dengan menggunakan minyak dari kayu manis. Minyak ini mampu membunuh telur-telur bibit nyamuk yang berada di tempat-tempat tertentu. Cara menggunakannya juga cukup mudah, tinggal campurkan air secukupnya dengan minyak tersebut. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke tempat-tempat biasanya menjadi sarang nyamuk.

  • Menggunakan kemangi

Selanjutnya anda bisa mengusir nyamuk dengan menggunakan kemangi. Tanaman ini memang terkenal memiliki aroma yang khas dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Aroma khas daun kemangi itulah yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Karena aroma tersebut memiliki kandungan senyawa alami yang menghasilkan bau menyengat bagi nyamuk. Cukup dengan meletakkan daun kemangi pada tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Seperti kamar mandi, sudut-sudut rumah dan tempat-tempat lainnya.

  • Menggunakan serai

Anda juga bisa menggunakan serai untuk mengusir nyamuk, karena bau dan aroma pada serai tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga banyak produk obat anti nyamuk yang menambahkan kandungan serai di dalamnya. Cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk juga terbilang sangatlah mudah. caranya gunakan serai sebagai lilin yang dibakar, kemudian letakkan pada tempat-tempat bersarangnya nyamuk. Atau kamu juga bisa dengan cara menyebarkan beberapa serai yang sudah dipotong-potong.

  • Menggunakan kulit jeruk

Selain serai, beberapa obat anti nyamuk juga menambahkan kandungan kulit jeruk di dalamnya. Sebab kulit jeruk mengandung senyawa yang bisa merusak sistem pernapasan pada serangga. Bahkan kulit jeruk dapat mengurangi intensitas nyamuk untuk berkembang biak. Cara menggunakannya untuk mengusir nyamuk juga cukup mudah. Cukup dengan meletakkan kulit jeruk pada daerah yang disukai oleh nyamuk. Namun jangan sampai kamu meletakkan kulit jeruk tersebut terlalu lama. sebab kulit jeruk yang membusuk bisa mengundang nyamuk untuk datang.

  • Menggunakan bawang putih

Pada umumnya bawang putih dijadikan salah satu bumbu pokok dalam sebuah masakan. Namun perlu anda ketahui ternyata bawang putih dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma menyengat yang dikeluarkan oleh bawang putih tidak disukai oleh nyamuk. Caranya dengan meletakkan potongan-potongan bawang putih pada tempat bersarangnya nyamuk. Ataupun kamu juga bisa dengan menyemprotkan air rebusan bawang putih tersebut pada tempat-tempat tertentu.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir bahkan membasmi nyamuk agar tidak berkembang biak. Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut kamu juga bisa menggunakan obat nyamuk. Mulai dari obat nyamuk bakar, semprot, oles maupun obat nyamuk lainnya. selain itu kamu juga harus menerapkan cara yang paling dasar yaitu 5M. 5M tersebut yakni menguras, menutup,  mengganti, mengubur dan menaburkan. Tetap jasa kebersihan lingkungan supaya tidak menjadi tempat nyamuk bersarang. 

Published