Welcome

SAAT DIARE HINDARI BEBERAPA JENIS MAKANAN BERIKUT INI!

SAAT DIARE HINDARI BEBERAPA JENIS MAKANAN BERIKUT INI!

Diare merupakan masalah yang menyerang sistem pencernaan. Pada saat diare orang akan berulang-ulang pergi ke kamar mandi untuk mengeluarkan feses. Dimana pada saat itu feses yang dikeluarkan encer dan berair dan berfrekuensi lebih kerap daripada biasanya. Diare tentunya sangat mengganggu seseorang dalam beraktivitas. Bahkan ada orang yang mengalami diare hingga dirawat di rumah sakit karena kehilangan banyak cairan tubuh. Pasalnya diare disebabkan karena seseorang mengkonsumsi makanan yang tidak bersih dan telah terkontaminasi oleh bakteri Jahat pemicu diare. Jika saat ini anda sedang menderita diare. Anda harus lebih memperhatikan apa yang anda konsumsi. Sebaiknya saat diare anda menghindari beberapa jenis makanan seperti di bawah ini :

  • Makanan yang pedas

Saat anda sedang diare, anda sangat tidak dianjurkan untuk memakan makanan yang rasanya pedas. Seperti makanan yang banyak menggunakan cabai. Cabai sendiri mengandung banyak zat capsaicin yang dapat menimbulkan rasa pedas. Dan tahukah anda bahwa rasa pedas dari capsaicin ini ternyata dapat mengakibatkan iritasi pada saluran pencernaan. Sehingga akan menghambat pencernaan dan memperparah terjadinya diare. Meskipun makan makanan yang pedas itu nikmat namun anda harus menguranginya atau menundanya terlebih dahulu saat dalam masa diare atau masa pemulihan diare.

  • Makanan yang mengandung minyak

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak dapat menyebabkan otot dinding saluran pencernaan menegang. Dan tentunya hal tersebut memperburuk sistem pencernaan, sehingga diare yang anda alami semakin parah. Jadi anda jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng atau ditumis terlebih dahulu.

  • Makanan yang mengandung susu

Banyak kasus yang mengalami diare semakin parah setelah mereka mengkonsumsi susu olahan.  Jadi saat diare anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan ini. Karena pada saat diare tidak semua makanan dapat diterima oleh sistem pencernaan tubuh kita. Namun pada olahan susu yang masih bisa dikonsumsi saat anda sedang diare yaitu yogurt.

  • Makanan atau sayuran yang  terdapat kandungan gasnya

Makanan dan sayuran yang mengandung gas sangat tidak baik untuk dikonsumsi ketika sedang menderita sakit diare.  Makanan dan sayur yang mengandung gas jika dikonsumsi dapat memperparah kondisi penderita diare. Jadi sebaiknya anda menghindari makanan yang bergas dan sayuran seperti brokoli, buncis, kembang kol, sayuran hijau, kubis dan lainya. Anda juga harus menghindari memakan buah seperti nanas, ceri, buah ara dan buah lainnya yang dapat membuat perut anda menjadi bergas.

  • Makanan mentah

Anda juga sangat dilarang memakan makanan yang belum di masak alias mentah. Karena makanan tersebut mungkin saja mengandung bakteri. Yang jika dikonsumsi dapat meningkatkan risiko terkena diare. Dan bisa juga menyebabkan diare menjadi semakin parah.

  • Kopi dan alcohol

Kopi dan alkohol mengandung kafein yang sangat tinggi. Sedangkan kafein sendiri sangat tidak baik jika dikonsumsi oleh seseorang penderita diare. Untuk itu sebaiknya anda menghindari pengkonsumsian alkohol dan kopi saat sedang mengalami diare.

Itulah beberapa jenis makanan yang perlu kamu hindari saat kamu sedang menderita diare. Saat diare kamu sangat dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya. Agar cairan di tubuhmu terpenuhi. Jika kamu menderita diare yang cukup parah sebaiknya langsung pergi ke dokter untuk diperiksa dan meminta resep obatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *